Kuliah Umum dengan Tema “Corporate Crime” oleh Dr. Luhut MP Pangaribuan, S.H., LL.M.

Debat Internal UKM-F MAHKAMAH Tahun 2019
23 March 2019
Pengajian Rutin Dharma Wanita Sub Unit FH Unila
25 March 2019
Show all

Kuliah Umum dengan Tema “Corporate Crime” oleh Dr. Luhut MP Pangaribuan, S.H., LL.M.

Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Lampung telah melaksanakan acara Kuliah Umum yang bertempat di Auditorium Prof. Abdulkadir Muhammad, S.H (21/03/2019). Acara yang dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa ini mengangkat tema “Corporate Crime: Tantangan Penegakan Hukum ke Depan”. Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan sambutan dari Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Maroni, S.H., M.H.

Pada acara ini diisi oleh Ketua Umum Peradi RBA dan Dosen FH UI Dr. Luhut MP Pangaribuan, S.H., LL.M. yang memaparkan pengertian Korporasi dalam UU masih memberi pengertian yang berbeda (1) UU dar 1955:7 “jika suatu tindak pidana ekonomi dilakukan oleh atau atas nama suatu badan hukum, suatu perseroan, suatu perserikatan orang yang lainnya atau suatu yayasan, maka tuntutan pidana dilakukan pada mereka, (2) UU Tipikor ”korporasi adalah kumpulan orang dan/atau kekayaan yang terorganisasi, baik merupakan badan maupun bukan badan hukum”, (3) UUPLH 2009:30, “setiap orang adalah orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum”. MA tahun 2016 kemudian telah memberikan petunjuk. Dalam hukum pidana dewasa ini oleh karena itu korporasi dapat dipidana sama seperti orang sebagaimana diatur dalam berbagai UU seperti diatas. Konsepnya doktrin vicarious liability dan respondeat superior. Intinya “seseorang yang berbuat melalui orang lain dianggap dia sendiri yang melakukan perbuatan itu”.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara berakhir pada pukul 15.30 WIB dan ditutup oleh Ibu Rini Fathonah, S.H., M.H. selaku Moderator pada acara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X