Hukum Administrasi Negara

A. Deskripsi Bagian Hukum Administrasi Negara

Bagian Hukum Administrasi Negara (Bagian HAN) merupakan salah satu dari lima bagian yang terdapat pada Fakultas Hukum Universitas Lampung. Setelah menempuh mata kuliah dasar, mahasiswa dapat memilih Bagian HAN sebagai minat pada semester 5 atau 6 untuk menyusun tugas akhir sesuai kajian Hukum Administrasi Negara. Hukum Administrasi Negara menelaah tentang penyelenggaraan pemerintahan (bestuur) berupa kedudukan, kewenangan, dan perbuatan hukum atau tindakan pemerintah dalam menyelenggarakan sebuah negara.

Untuk itu, Bagian HAN memiliki 3 peer group kajian (konsentrasi) dalam ranah Hukum Administrasi Negara, yakni : Hukum Administrasi Negara; Hukum Lingkungan dan Hukum Agraria; serta Hukum Keuangan Negara dan Hukum Pajak.

B. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Saat ini Bagian HAN memiliki Tim Pengajar (dosen) yang berjumlah 18 orang yang memiliki jenjang pendidikan Strata 3 (S3) sejumlah 6 orang dan Strata 2 (S2) sejumlah 12 orang. Selain itu, Bagian HAN juga memiliki 2 orang dosen bergelar Guru Besar/Profesor Bidang Hukum Administrasi Negara.

No.PEER GROUPKETUAANGGOTA
1HUKUM ADMINISTRASI NEGARADr. H.S. Tisnanta, S.H., M.H.1. Sri Sulastuti, S.H., M.Hum.
2. Syamsir Syamsu, S.H., M.Hum.
3. Eka Deviani, S.H., M.H.
4. Agus Triono, S.H., M.H., Ph.D.
5. Satria Prayoga, S.H., M.H.
6. Rifka Yudhi, S.H.I., M.H.
7. Nabila Firstia Izzati, S.H., M.H.
8. Akhmad Rifai, S.H., M.H
2HUKUM LINGKUNGAN DAN HUKUM AGRARIAProf. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum1. Dr. F.X. Sumarja, S.H., M.Hum.
2. Upik Hamidah, S.H., M.H.
3. Ati Yuniati, S.H., M.H.
4. Fathoni, S.H., M.H.
3HUKUM KEUANGAN NEGARA DAN HUKUM PAJAKProf. Dr. Yuswanto, S.H., M.Hum.1. Nurmayani, S.H., M.H.
2. Marlia Eka Putri A.T., S.H., M.H.
3. Agung Budi Prastyo, S.H., M.H.

Selain aktif melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, dosen Bagian HAN juga aktif melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang tentunya melibatkan para mahasiswa di dalamnya. Dengan demikian, kolaborasi antara dosen dan mahasiswa memberikan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa termasuk dalam menghasilkan publikasi ilmiah dari penelitian dan pengabdian.

Dalam menjalankan pelayanan administrasi bagi dosen dan mahasiswa, Bagian HAN dibantu oleh 2 orang tenaga kependidikan serta 2 orang pramu kantor.

C. Mata Kuliah Hukum Administrasi Negara

Mata Kuliah yang dioperasionalkan di Bagian HAN terdiri dari Mata Kuliah Wajib Fakultas dan Mata Kuliah Minat Bagian HAN yang tersebar dari semester 2 sampai dengan semester 7. Mata Kuliah Wajib Fakultas terdiri dari 8 mata kuliah yaitu : Hukum Administrasi Negara, Hukum Lingkungan, Hukum Keuangan Negara, Hukum Pajak, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Agraria, Hukum Tata Ruang, dan Hukum Acara dan Praktik Peradilan Tata Usaha Negara.

Sedangkan Mata Kuliah Minat Bagian Han terdiri dari 14 mata kuliah yakni : Hukum Administrasi Daerah, Politik Hukum Agraria, Hukum Perizinan, Hukum Keuangan Daerah, Hukum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Hukum Kepegawaian, Hukum Sumber Daya Alam, Hukum Tata Guna Tanah, Hukum Pendaftaran Tanah, Hukum Perumahan, Hukum Asuransi Sosial, Hukum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Hukum Penyelesaian Sengketa Lingkungan, dan Hukum Penyelesaian Sengketa Tenaga Kerja.

D. Lulusan dari Bagian Hukum Administrasi Negara

Selama ini banyak yang menganggap Hukum Administrasi Negara adalah hukum yang berkaitan dengan urusan administrasi semata, padahal inti dari telaah Hukum Administrasi Negara adalah kedudukan, kewenangan, dan perbuatan hukum atau tindakan pemerintah dalam menyelenggarakan sebuah Negara. Oleh sebab itu, kajian pada Bagian HAN sangat dimanfaatkan oleh pengguna lulusan karena menyangkut semua aspek dalam penyelenggaraan pemerintahan. Mahasiswa lulusan Bagian HAN yang telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman banyak bekerja baik di sektor pemerintahan maupun swasta, sebagai  praktisi hukum, akademisi hukum, maupun penggiat hukum. Tidak sedikit alumni Bagian HAN menjadi Hakim, Jaksa, Advokat, Konsultan Hukum, Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Pusat maupun Daerah, BUMN, serta perusahaan swasta baik level nasional maupun internasional.


>>Berkas Unduhan

Fakultas Hukum
Universitas Lampung

Jln. Prof. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedong Meneng Bandar Lampung, Indonesia 35145|
Telp :
FAX :
Email: humasfh@fh.unila.ac.id

id_IDIndonesian