BKBH FH Unila dan ILRC Gelar Pelatihan Pendokumentasian Kasus OBH

Kuliah Umum Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.C.L. Program Studi Doktor Ilmu Hukum
7 October 2019
Seminar Hasil Mahasiswa Stefany Mindoria Bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Lampung Senin 14 Oktober 2019 Pukul 09.30 WIB
11 October 2019
Show all

BKBH FH Unila dan ILRC Gelar Pelatihan Pendokumentasian Kasus OBH

Bandar Lampung – The Indonesian Legal Resources Center (ILRC) bersama Bidang Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung (BKBH Unila), kembali mengadakan pelatihan bantuan hukum bertempat di Aula Nuwono Tasya Guest House Bandar Lampung, Jumat (4/10/2019). Pelatihan ini bertemakan “Pelatihan Pendokumentasian Kasus Organisasi Bantuan Hukum” kepada 25 peserta dari berbagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH) diantaranya, BKBH Unila, LBH Bandar Lampung, Damar Perempuan Lampung, LBH Menang Jagad dan LKBH UM Metro. Kegaiatan dibuka secara simbolis oleh Perwakilan BKBH Unila Rinaldy Amrullah.

Diskusi bersama Fasilitator ILRC

Dalam sambutannya, Rinaldy Amrullah menyampaikan betapa pentingnya pelatihan pendokumentasian kasus ini bagi Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di Lampung. Pelaksanaan bantuan hukum tak lepas dari proses administrasi, sehingga diharapkan para peserta pelatihan tidak menyiakan materi yang diberikan. Rinaldy pun tak luput berterimakasih pada pihak ILRC yang berkenan mengadakan pelatihan ini bersama BKBH Unila.

Sesi Diskusi Panel dengan Pemateri dari KEMENKUMHAM

 

“Kami selaku tuan rumah berterimakasih pada ILRC berkenan mengadakan kegiatan ini bersama BKBH guna mendorong OBH di Lampung memiliki kualitas dalam pendampingan bantuan hukum bagi masyarakat”, ujar Direktur Pusat Kajian Anti Masyarakat Korupsi Universitas Lampung ini.  Sementara, Program Manager ILRC Siti Aminah dalam sambutannya menyampaikan pula rasa terimakasih pada BKBH Unila dapat bekerjasama dengan ILRC dalam pelatihan yang diadakan. Pelatihan seperti ini diadakan guna memberikan pemahaman terhadap akreditasi OBH oleh Kemenkumham RI.

Sesi Sharing dengan para pemateri

Tujuan Pelatihan

Pelatihan ini juga ditujukan pada OBH di Lampung dapat mendokumentasikan seluruh kasus yang didampingi baik bersifat litigasi maupun non-litigasi. Sebab, proses verifikasi dan akreditasi OBH oleh Kemenkumham cukup rumit dan perlunya pemahaman pentingnya pendokumentasian kasus. “Salah satu faktor banyaknya OBH yang tidak terakreditasi dikarenakan lemahnya pendokumentasian kasus sehingga tujuan pelatihan ini dapat mendorong OBH mengarsipkan dokumen hukum dengan baik”, ujarnya.

Grup Diskusi

Terpisah, salah satu peserta pelatihan, Pingkan Retno Andini (21) saat diwawancara mengatakan paralegal membutuhkan pelatihan seperti ini. Dalam mendampingi masyarakat menggapai akses keadilan, paralegal harus memiliki pengetahuan dan keterampilan hukum berkualitas. Tidak hanya keterampilan hukum, paralegal dituntut terampil mendokumentasikan berkas yang berkaitan dengan bantuan hukum.

Presentasi oleh Para Peserta 

“Pelatihan ini penting banget bagi paralegal, paralegal harus terampil mendokumentasikan berkas berkaitan dengan bantuan hukum secara sistematis dan meluas jangkauannya pada masyarakat”, ujar perwakilan peserta dari BKBH Unila tersebut. Pelatihan pendokumentasian kasus Organisasi Bantuan Hukum ini akan berakhir pada Sabtu, (5/10/2019)

Sesi pelatihan pendokumentasian OBH

(Habibi 4/10/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X